Cara Mengubah Google Voice dan Fitur-fitur Penting yang Kamu Butuhkan

Google adalah perusahaan global yang menawarkan layanan berbasis internet. Dewasa ini, kita sepertinya tidak bisa lepas dari layanan-layanan yang ditawarkan oleh Google. Salah satu layanan yang sering digunakan banyak orang adalah Google Voice. Layanan satu ini biasanya digunakan untuk menawarkan bimbingan pengucapan yang benar.

Namun sayangnya bahasa yang ditampilkan secara default adalah Bahasa Inggris. Jadi beberapa dari kamu yang menginginkan bahasa lainnya mungkin akan kesulitan karena pengucapannya menjadi tidak benar. Namun tenang saja karena ada cara mengubah bahasa Google Voice.

Apa Itu Google Voice?

Google Voice merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google. Dengan layanan ini, kamu bisa mengucapkan kata dari bahasa lain dengan benar. Fitur satu ini ada pada saat kamu mengakses layanan Google Translator.

Kamu bisa mengucapkan bahasa lain dengan Google Voice tanpa mengetik atau typing. Karena fitur tersebut, tidak sedikit orang yang menggunakannya ketika masalah mengetik.

Keunggulan Google Voice

Ada beberapa keunggulan dari Google Voice yang pastikan akan memudahkan semua aktivitasmu, langsung saja inilah keunggulannya:

#1. Membantu mengetik tanpa keyboard

Keunggulan fitur Google Voice yang pertama adalah membantu mengetik tanpa keyboard. Dengan fitur satu ini, kamu bisa mencari informasi melalui layanan Google Search tanpa perlu mengetiknya. Sangat praktis sekali bukan?

#2. Membantu mengetahui ucapan yang benar

Setelah menuliskan kalimat atau kata tertentu, kamu bisa mendengarkannya melalui Google Voice. Pengucapan Google Voice ini biasanya digunakan untuk membantu seseorang mengetahui pengucapan bahasa tertentu dengan benar. Biasanya digunakan untuk Bahasa Inggris atau bahasa asing lain seperti Jepang, Korea, atau China.

#3. Membantu mengetik dokumen

Keunggulan selanjutnya yaitu bisa membantu mengetik dokumen panjang. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetik dokumen di aplikasi Word, Google Document, dan lain sebagainya tanpa keyboard.

Cara Mengubah Bahasa Google Voice

Cara mengubah bahasa Google Voice banyak sekali dicari orang-orang yang membutuhkannya. Tenang saja, caranya sangat mudah karena kamu tidak membutuhkan aplikasi apapun lagi. Langsung saja, inilah cara mengubah bahasanya:

  1. Langkah 1: Masuk ke mesin pencarian Google melalui aplikasi Google Chrome atau browser lainnya.
  2. Langkah 3: Selanjutnya pilih All Settings, lalu ke Accounts.
  3. Langkah 4: Pada bagian Privacy, pilih menu Search, kemudian pilih opsi Voice.
  4. Langkah 5: Di sana kamu akan menemukan kolom Language, ganti bahasanya menjadi bahasa yang kamu inginkan.
  5. Langkah 6: Apabila di bawah menu Search sudah ada keterangan bahasa yang kamu ubah tadi, maka kamu sudah berhasil mengubah bahasanya.
Cara ubah bahasa Google Voice
Cara ubah bahasa Google Voice

Baca juga: 7 Cara Membuat Suara Google

Layanan Google Lain yang Mungkin Kamu Butuhkan

Google menawarkan fitur yang sangat canggih bernama Google Assistant. Fitur ini bisa mengeluarkan suara bot seperti Google Voice namun dengan fitur lengkap seperti berikut ini:

#1. Memasang reminder

Sering lupa dengan berbagai aktivitas penting? Tenang saja, kamu bisa menggunakan Google Assistant untuk membantu mengingatkan. Kamu bisa mengatur pengingat dan fitur ini akan mengingatkannya sesuai jadwal yang telah diatur

#2. Memberikan informasi kondisi lalu lintas

Kemacetan sering menjadi hal yang sangat merepotkan. Dengan Google Assistant, kamu bisa mengetahui kondisi lalu lintas dan memilihkan rute yang aman dari macet hingga sampai ke rumah.

#3. Menerjemahkan kata

Gunakan Google Translate dengan suara
Gunakan Google Translate dengan suara

Ketika bekerja atau berpergian ke luar negeri kamu mungkin akan kesulitan untuk mengucapkan kalimat atau menerjemahkan kata. Selain menggunakan Google Voice, kamu juga bisa menggunakan Google Assistant untuk menerjemahkan kata.

#4. Mengirim pesan

Kamu yang sibuk hingga tidak bisa mengirimkan pesan pada teman bisa memanfaatkan Google Assistant ini. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu mengetik untuk mengirimkan pesan pada teman atau orang lain.

Itulah pembahasan mengenai cara mengubah bahasa Google Voice yang bisa kamu lakukan. Dengan cara di atas, kamu bisa mengubah bahasanya ke bahasa apapun yang kamu butuhkan, termasuk Bahasa Indonesia.

Leave a Comment