United RPMS, Alternatif Baru Untuk RPMFusion

Sebagai pengguna Fedora, pembaca pasti telah mengenal repositori bernama RPMFusion. Repositori ini membantu pengguna Fedora untuk memasang aplikasi yang tidak disediakan oleh Fedora Project maupun Red Hat lewat repositori resminya. Berkat repositori ini lah kita dapat memasang aplikasi macam VLC dengan lebih mudah.

Sayangnya, karena hanya dipelihara oleh beberapa orang, terkadang RPMFusion agak telat untuk menyediakan paket-paket aplikasi untuk rilis Fedora yang baru. RPMFusion sebetulnya memiliki cabang khusus untuk Rawhide, ramun sering kali ada beberapa paket yang tidak tersedia sehingga membuat kita harus menunggu.

unitedrpms

Kini telah hadir repositori baru sebagai alternatif dari RPMFusion yang bernama United RPMS. Repositori ini memiliki tujuan yang sama dengan RPMFusion yakni untuk mempermudah pengguna dalam memasang aplikasi multimedia yang tidak mau disediakan secara resmi oleh Fedora Project maupun Red Hat. Pembaca mungkin bertanya-tanya mengapa harus membuat repositori yang baru, kenapa tidak kontribusi langsung ke RPMFusion saja?

David Vásquez sebagai inisiator Fedora United bersama koleganya Sérgio Basto dan Pavlo Rudyi membuat UnitedRPMS karena ingin membantu sesama pengguna Fedora dengan ekosistem  yang lebih fleksibel tanpa birokrasi yang berbelit-belit.

Cara menambahkan United RPMS ke Fedora 24 sangat mudah. Mari kita buka aplikasi Terminal dan jalankan perintah berikut:

Kini kita dapat memasang aplikasi seperti Handbrake, Kdenlive, Kodi, Openshot, Unrar, VirtualBox, Atom, Brackets dan aplikasi lainnya dengan lebih mudah. Daftar aplikasi lengkap yang tersedia dapat di lihat di RepoView.

Jangan lupa untuk turut bergabung di Google+ community-nya!

Author: Bagus Aji Santoso

Mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini aktif menulis di blog pribadi bagusaji.me, POSS UPI di poss.cs.upi.edu, dan di Codepolitan.