Perlukah memasang Fedy?

Fedy merupakan tools aplikasi untuk memudahkan mengelola dan menambahkan kemampuan Fedora dengan memasang beberapa forbidden items pada Fedora Workstation. Forbidden items yang menjadi wajib salah satu diantaranya adalah Multimedia Codecs agar kita dapat menikmati koleksi musik kesayangan dalam berbagai format non open source.

Fedy by Satyajit Sahoo

Pada dasarnya Fedy mempergunakan repository tambahan di luar repo resmi fedora. Repo yang menjadi wajib biasanya adalah:

  1. RPMFusion
  2. Adobe Linux
  3. Chrome, dan
  4. Nautilus Dropbox

Keuntungan menggunakan Fedy adalah sangat mudah untuk memasang aplikasi tambahan yang tidak ada pada repository Fedora Official ataupun pihak ketiga. Caranya sangat mudah, panggil Fedy, pilih aplikasi yang akan dipasang dan klik! Tunggu sebentar dan Fedy akan memasangkannya untuk kita. Namun sayangnya, pengguna Fedora menjadi tidak tahu apa yang sedang terjadi, dari mana dan bagaimana aplikasi tersebut dapat terpasang. Fedy yang terbaru bahkan tidak menampilkan dependency dan sumber repo dari paket aplikasi yang sedang dipasang.

Apakah bagus untuk newbie? Bagus mungkin iya, baik? Belum tentu. Bagus karena tinggal point dan klik saja. Gampang, nggak usah mikir. Jaman dahulu, mau newbie atau mau yang sudah terbiasa, hal yang wajib dilakukan terlebih dahulu adalah mencari repo dan memasangnya di /etc/yum.repos.d/. Setiap langkah pemasangan berbagai aplikasi akan ditampilkan oleh yum (waktu itu) atau dnf (jaman kekinian).

Melalui Fedy, hal serupa bagi paket aplikasi yang tidak menyediakan repo menjadi sangat mudah dipasang, point dan klik, tunggu sebentar dan jrenggg… terpasang dan tinggal pakai. Namun sekali lagi, pengguna tidak pernah tahu apa yang sedang terjadi, bagaimana perintah instal selain dengan perintah dnf atau rpm? Atau bagaimana caranya mengekstrak file terkompresi di linux sebelum instalasi, atau bagaimana memindahkan direktori hasil ekstraski ke direktori tempat terkumpulnya berbagai aplikasi seperti /opt ?

Instalasi Fedy

Instalasi Fedy cukup gampang. Menurut Kang Onno, filosofi make Linux itu gampang cuman 2 kerjaan, gak usah mikir, tinggal copy dan paste! Emang bener loh! Install Fedy aja tinggal copy sebaris perintah di situsnya, seperti:

bash -c 'su -c "curl http://folkswithhats.org/fedy-installer -o fedy-installer && chmod +x fedy-installer && ./fedy-installer"'

lantas paste pada terminal dan pencet enter, tunggu dan lihat perintahnya beraksi, selesai!!!

Repo Bawaan Fedy

Fedy pada saat dipasang akan memasang repo folkswithhat dan RPM Fusion terlebih dahulu. RPM Fusion memiliki dua repository, yaitu free dan non-free. Repo free merupakan repo bagi aplikasi FOSS yang tidak ada pada repo resmi fedora, sedangkan non-free merupakan repo bagi berbagai aplikasi yang tergolong forbidden items pada fedora seperti codec mp3 misalnya. Pada dasarnya repo RPM Fusion dapat dipasang dengan metode copy-paste. Copy sebaris perintah berikut:

dan paste pada Teminal lalu pencet enter, tunggu sebentar dan jika sudah selesai konfigurasinya dapat dilihat pada direktori /etc/yum.repos.d.

Instalasi Paket

Pada Fedy untuk memasang Multimedia Codecs sebagai contoh mp3, cukup pilih item Multimedia Codecs dan klik Install, tunggu sebentar dan lihat hasilnya. Jika berhasil, tombol install akan berubah menjadi tombol remove.

Bagaimana caranya jika tidak menggunakan Fedy? Pemasangan codecs mp3, dapat dilakukan dengan perintah dnf pada terminal seperti berikut:

Bagi beberapa paket aplikasi yang tidak menyediakan repo, Fedy akan mengunduhnya terlebih dahulu dan memasangnya dengan perintah rpm (bagi paket yang tersedia dalam format rpm) seperti pemasangan Oracle JRE dan JDK. Namun sekali lagi, kita tidak akan pernah tahu apa, di mana dan bagaimana seharusnya mengkonfigurasi plugin java dan sebangsanya secara manual.

Plus dan Minus

Intinya sih Satyajit Sahoo membuat Fedy untuk membantu seluruh pengguna Fedora di seluruh dunia. Tidak ada salahnya memanjakan diri untuk membuat Fedora menjadi enak dan mudah digunakan. Bagi yang senang manual, kebiasaan ini layak dipertahankan he he, namun disarankan sebelum menggunakan Fedy, sebaiknya melatih kebiasaan manual untuk memasang repo dan paket aplikasi lainnya. Perlu atau tidaknya memasang dan menggunakan Fedy balik lagi pada kita sebagai pengguna.

Author: Bonny W. Nugraha