Pasca Instalasi Fedora Workstation [Updated: 4 Juli 2016]

Berlaku untuk Fedora 23 Workstation dan Fedora 24 Workstation

Fedora merupakan distribusi linux yang paling cepat berkembang dan mengadaptasi teknologi baru. Fedora disponsori oleh RedHat dan memiliki rilis siklus 2 kali dalam setahun. Rilis terakhir adalah Fedora 24 yang terdiri dari Fedora Server, Fedora Workstation dan Fedora Cloud. Setelah selesai melakukan instalasi Fedora Workstation, perlu dilakukan beberapa hal agar Fedora Workstation dapat berjalan secara optimal sesuai dengan kebutuhan.

Update Fedora

Pastikan bahwa instalasi Fedora Workstation dalam keadaan up to date. Gunakan perintah update untuk menjaga kemutakhiran semua paket program dan pustaka agar selalu aman.

Pasang Gnome Tweak Tool

Gnome Tweak Tool dipergunakan untuk melakukan berbagai konfigurasi desktop Gnome Shell sesuai dengan keinginan. Beberapa perubahan yang dapat dilakukan dengan Gnome Tweak Tool adalah menampil kan tombol minimize dan maximize, mengubah tampilan dengan mengaktifkan Global Dark Theme, serta menampilkan menu Aplikasi, Places dan Panel bawah agar mirip Gnome Classic yang lebih mudah digunakan. Untuk memasang Gnome Tweak Tool adalah sebagai berikut:

Buka Gnome Tweak Tool dari Activities Menu, cari pada Utilities dan lakukan berbagai perubahan konfigurasi, khususnya pada Appearance, Extension, Top Bar, serta Windows.

Pasang Fedy

Fedy adalah alat bantu untuk memasang beberapa forbidden items di Fedora dengan mudah. Beberapa forbidden items adalah plugin multimedia bukan open source seperti mp3, flash player, plugin web java dari Oracle, berbagai format video, serta berbagai aplikasi pihak ke tiga yang tidak terdapat pada repo. Untuk memasang Fedy adalah sebagai berikut:

Fedy

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan Fedy untuk meningkatkan kemampuan Fedora adalah:

  1. Memasang Multimedia Codecs
  2. Memasang Google Chrome Browser
  3. Memasang Font Rendering agar tampilan font menjadi lebih baik
  4. Membuat Terminal memiliki warna
  5. Memasang Adboe Flash Player
  6. Menambahkan berbagai format file kompresi agar dapat mengekstrak lebih banyak format
  7. Memasang Nautilus Dropbox untuk backup dan sinkronisasi file
  8. Memasang Microsoft True Type Fonts
  9. Memasang Telegram Desktop Client
  10. Memasang Team Viewer
  11. Memasang WPS Office Suite
  12. Memasang Steam Client untuk Fedora Linux

Pasang Alacarte

Alacarte adalah utilitas untuk mengedit Application Menu, seperti menambah menu items, memunculkan atau menyembunyikan menu items untuk merapikan Application Menu sesuai dengan keinginan.

Alacarte dapat dijalankan dari Applications >> Sundry >> Main Menu

Gambar contoh di atas memperlihatkan proses penambahan Menu Item Fedy ke Sub Menu System Tools pada Application Menu. Sehingga Fedy dapat langsung dipanggil melalui Applications Menu.

Memasang Oracle JDK

Memasang Oracle JDK dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan bantuan Fedy. Namun ada baiknya untuk memasang JDK ini dilakukan sendiri agar semua parameternya mudah diketahui untuk penggunaan selanjutnya. Bagi pengguna yang hanya ingin melengkapi kemampuan browser untuk membuka aplikasi web Java, cukup menginstall JRE, bagi yang ingin menggunakan aplikasi dan mengembangkan aplikasi yang dibuat dengan java, perlu memasang JDK. Tahapan untuk memasang Oracle JDK adalah sebagai berikut:

Download Oracle JDK

Download versi terbaru Oracle JDK di Oracle JDK download page. Pilih paket rpm sesuai dengan jenis sistem operasi Fedora yang terpasang

Pasang JDK latest version

Instalasi ini hanya akan berjalan dengan user root, berpindah lah ke user root secara permanen:

Lakukan instalasi paket Oracle JDK:

Setelah berhasil lakukan install java dengan menggunakan latest version:

Periksa java, javaws dan javac yang berjalan

Jika keluaran hasil pemeriksaan tidak memunculkan tampilan seperti di atas, pindahkan versi yang berjalan dari OpenJDK ke Oracle Java JDK:

Jika tanda + masih pada nomor 1 (versi OpenJDK), ketik 2 pada selection number.

Untuk java webstart dan javac:

Untuk memeriksa javaplugin untuk browser:

Terakhir, tambahkan JAVA_HOME environment variable pada file /etc/profile di baris terakhir.

Setting Remote Desktop

Agar Fedora Workstation dapat dipakai atau diremote dari komputer lain dari jarak jauh, perlu dipasang dan dikonfigurasikan aplikasi vnc-server. Konfigurasi dan instalasi TigerVNC Server dan TigerVNC Viewer dapat dibaca pada artikel Remote Desktop Fedora Workstation dengan TigerVNC Viewer.

Cek sshd

Instalasi Fedora sudah selesai, namun perlu diperiksa status dari service sshd sudah berjalan atau tidak. Jika tidak berjalan, tidak heran bahwa hasil instalasi Fedora Workstation belum dapat diakses melalui ssh, pada terminal akan menampilkan pesan “Connection Refused”!!! Cek dahulu apakah service sshd sudah berjalan:

atau:

Jika keluaran diatas yang tampil, maka berarti sshd belum berjalan, segera hidupkan service sshd:

Agar sshd langsung berjalan sebagai service pada waktu boot, lakukan sebagai berikut:

Sekarang periksa lagi status service sshd:

Okay! Selamat ber-Fedora Workstation! 😀 . Jangan lupa juga untuk menambahkan port 22 pada konfigurasi firewall.

Pasang Cockpit

Koneksi remote ke Fedora Workstation selain dengan menggunakan SSH, dapat dilakukan pula dengan menggunakan Cockpit. Cockpit adalah sebuah aplikasi System Administration Linux secara remote melalui Web Browser. Pada Fedora Workstation, aplikasi ini tidak terpasang secara langsung seperti pada Fedora Server dan harus dipasang sendiri.

Cara pemasangan Cockpit untuk Fedora Workstation dapat dibaca pada artikel Mengakses Fedora Workstation dari Cokcpit.

Catatan ini berlaku untuk Fedora Workstation 23 dan 24!

[Update: 4 Juli 2016]

Author: Bonny W. Nugraha

Baca Juga

  • Andri Gromiko

    Test Comment

    • Andri Gromiko

      Test Reply