Menggunakan PHP 5.6 pada Fedora 25 atau 26

Mulai pada rilis 25, Fedora menggunakan PHP 7 sebagai paket bawaannya.  Untuk aplikasi-aplikasi Web yang dibangun oleh berbagai project Open Source, biasanya sudah disesuaikan dengan PHP versi terakhir. Namun bagaimana dengan aplikasi lawas yang tidak kompatibel dengan PHP7 agar tetap bisa berjalan pada Fedora rilis terbaru (25 atau 26)?

PHP Logo

Dukungan Fedora untuk PHP 5.6 terhenti pada Fedora rilis 24. Tidak mudah untuk melakukan migrasi misalnya Joomla 1.5.26 yang sekarang masih dipergunakan ke Joomla 4.7.X yang sudah kompatibel dengan PHP7. Jika memaksakan meneruskan website dengan Fedora 24, maka sudah tentu berbagai potensi masalah sudah mengintai, karena sudah tidak ada update lagi bagi Fedora 24. Satu-satunya cara untuk dapat tetap menjalankan PHP 5.6 pada Fedora 25 atau Fedora 26 adalah dengan melakukan downgrade PHP 7 ke PHP 5.6 dengan memanfaatkan repository dari Remi.

Tahapan-tahapan proses instalasi PHP 5.6.31 adalah sebagai berikut, dengan asumsi belum ada PHP 7 terpasang pada Fedora Server atau Fedora Workstation rilis 25 atau 26:

Pasang Repository Remi untuk Fedora 25 atau 26

Asumsi bahwa Fedora yang dipergunakan adalah Fedora 26:

Pasang httpd web server (Apache Web Server)

PHP sangat membutuhkan server httpd untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman ini. Instalasi httpd dapat dengan mudah dilakukan dengan perintah dnf, dan konfigurasi httpd server agar dapat diakses dari komputer lain di dalam jaringan dapat disimak pada artikel Pengaturan Firewall untuk Services Web Server di Fedora Server.

Instalasi PHP 5.6

Instalasi PHP 5.6 dilakukan dengan cara memasang paket php56-php melalui repository Remi. Jangan lupa untuk menuliskan php56-php pada terminal agar instalasi berhasil.

Restart httpd agar instalsi dapat diterapkan pada sistem.

Downgrade PHP

Dwongrade PHP 7 yang sudah terinstall pada Fedora Server 25 atau 26 dapat dilakukan dengan cara meng-unistall (mencopot instalasi) PHP 7 dan dilanjutkan dengan melakukan tahapan instalasi PHP 5.6.31 seperti yang dituliskan di atas. hal ini biasanya dilakukan pada Fedora Server ataupun Fedora Workstation yang diupgrade dari Fedora rilis 24 ke rilis 26.

Author: Bonny W. Nugraha