Mengelola Fedora Server dengan Cockpit

Mulai rilis Fedora 21, terdapat beberapa pilihan versi Fedora yang ditawarkan untuk dipergunakan, yaitu Fedora Server, Fedora Workstation, dan Fedora Cloud. Pembagian ini menjadikan Fedora menjadi lebih fokus untuk tujuan tertentu, seperti halnya Fedora Server. Fedora Server tidak memiliki antar muka GUI seperti halnya Fedora Workstation. Sebenarnya Fedora Workstation dapat dipergunakan juga sebagai Server, melalui berbagai kemudahan konfigurasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi GUI andalan. Parameter tinggal diisi, klak – klik sedikit dan klik OK.

Fedora Server, semuanya dikerjakan manual dengan menggunakan teks mode. Tapi jangan khawatir! Fedora Server sudah dilengkapi dengan aplikasi bebasis web untuk melakukan tugas administrasi server dengan menggunakan Cockpit! Tidak perlu repot memasang Cockpit, karena pada Fedora Server sudah terpasang Cockpit dan sudah aktif secara default tinggal memanggilnya pada Web Browser dengan port 9090.

Meski hanya berpenampilan Text Mode, jangan khawatir, bagi pemula yang ingin menjajal Fedora Server dapat mengandalkan Cockpit untuk melihat dan mengelola Fedora 21 Server melalui Web Browser. Pengelolaan berbagai services yang berjalan, atau hanya sekedar mengganti IP Address, bahkan melakukan restart dan shutdown dapat dilakukan di Cockpit dengan mudah. Namun tetap saja keahlian dalam melakukan berbagai perintah melalui Text Mode harus selalu diasah, agar pengelolaan server menjadi lebih cepat!

Masuk ke Fedora Server

Asumsinya proses instalasi sudah dilakukan dan sukses. Tampilan sangar Fedora Server dapat dilihat pada gambar berikut:

Fedora Server release 21 dalam text mode

Untuk login, cukup ketik username dan passwordnya. Penasaran ingin tahu IP Address, ketik perintah ifconfig dan akan terlihat IP Address sebagai berikut. IP Address ini penting untuk melihat Fedora 21 Server dengan menggunakan Cockpit di Web Browser.

Melihat IP Address Fedora 21 server text Mode

Menggunakan Cockpit

Pengelolaan Fedora 21 Server dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan Cockpit melalui Web Browser. biasanya tanpa konfigurasi apapun, langsung panggil Cockpit dengan memakai URL berupa IP Address Fedora Server dengan port 9090!

Cockpit Fedora Server 21

Untuk masuk ke Cockpit, gunakan user name dan password yang telah terdaftar pada Fedora 21 Server. Setelah masuk, Server Fedora 21 dapat dilihat sebagai berikut:

Fedora Server 21 di dalam Cockpit

Melalui Cockpit, pengelolaan Fedora Server menjadi lebih mudah. Bahkan pada Cockpit ini dapat langsung memberikan perintah text mode untuk melakukan kegiatan Rescue & Administrasi Server Fedora 21 melalui Rescue Terminal.

Rescue Terminal di Cockpit Fedora Server 21

Author: Bonny W. Nugraha