Mengatasi “Failed to set locale defaulting to C”

Suatu saat, setelah melakukan update ataupun upgrade, ketika akan melakukan sesuatu pada Terminal, aplikasi ini tidak mau muncul. Konsekuensinya tanpa Terminal kita tidak dapat melakukan perintah apapun seperti untuk menginstal aplikasi ataupun update. Terminal merupakan aplikasi penting untuk melakukan tugas administrasi Fedora ataupun Linux pada umumnya. Cara instan yang dapat dipergunakan untuk mengatasi ini adalah melakukan ssh dari komputer lain dan memasang xterm atau memasang xterm dengan aplikasi Software.

Namun hal tersebut tidak memecahkan masalah sebenarnya karena pesan “Failed to set locale defaulting to C”, akan selalu muncul misalkan ketika melakukan update atau menghidupkan vnc-server dan Terminal akan tetap tidak dapat dipergunakan. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan ssh pada komputer lain dan edit /etc/environment dan isi dengan dua baris ini:

Save dengan memijit kunci “esc” pada keyboard diikuti dengan mengetik “:” dan diikuti dengan mengetik “wq”. Setelah itu lakukan reboot. Cek kembali Terminal pada Application >> System Tools >> Terminal. Jika Terminal muncul tanpa masalah berarti cara ini berhasil.

Author: Bonny W. Nugraha