Memasang WPS Office di Fedora

LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran yang terpasang disetiap rilis Fedora Workstation. Aplikasi perkantoran resmi dari The Document Foundation ini juga menjadi pilihan utama para pengguna Linux pada umumnya. Sayangnya dukungan untuk membuka dokumen Microsoft Office belum cukup memuaskan bahkan dirilis terbarunya. Jika pembaca merupakan salah satu pengguna Fedora yang sering bekerja dengan dokumen Microsoft Office dan kurang puas akan kinerja LibreOffice maka WPS Office dapat menjadi solusinya.

WPS Office (dahulu bernama Kingsoft Office) merupakan aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Kingsoft, perusahaan asal Tiongkok. Meskipun belum akrab ditelinga, WPS Office sesungguhnya telah dikembangkan sejak 27 tahun yang lalu. WPS Office tersedia bagi Windows, Linux, Android, dan iOS. Versi mobile WPS Office tersedia secara gratis melalui Playstore ataupun App Store. Untuk versi Windows dan Linux, WPS Office tersedia secara gratis. Khusus untuk versi Windows, WPS Office juga menyediakan WPS Office Business yang memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan WPS Office versi gratis.

Memasang WPS Office untuk Fedora sangatlah mudah. Pertama, kita harus mengunduh WPS Office yang tersedia melalui alamat http://wps-community.org/downloads. Apabila menggunakan Fedora 32bit, unduh file yang berakhiran i686.rpm. Namun apabila menggunakan Fedora 64bit, unduh file yang berakhiran x86_64.rpm.

Screenshot from 2015-09-26 20-12-53

Setelah unduhan selesai, buka Terminal dan pindah ke direktori tempat mengunduh WPS Office (biasanya di ~/Downloads).

[bagus@ilkomUPI ~]$ cd Downloads/

Selanjutnya, pasang WPS Office menggunakan dnf.

[bagus@ilkomUPI Downloads]$ sudo dnf install wps*.rpm

Apabila proses pemasangan berjalan lancar, WPS Office telah siap untuk digunakan.

WPS Office
WPS Office

Author: Bagus Aji Santoso

Mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini aktif menulis di blog pribadi bagusaji.me, POSS UPI di poss.cs.upi.edu, dan di Codepolitan.