Memasang NodeJS 5.x di Fedora 23

Halo pembaca yang budiman. Pada artikel kali ini, saya akan mengajak pembaca untuk memasang NodeJS versi 5.x di Fedora 23 menggunakan NodeSource.

Kita sesungguhnya dapat memasang langsung NodeJS dengan dnf seperti aplikasi lainnya. Namun, NodeJS yang dapat kita pasang lewat repository Fedora menggunakan versi lama. Oleh karena itu kita akan menggunakan repository NodeSource yang memudahkan pemasangan NodeJS diberbagai versi Linux. Pengguna Fedora 23 hanya dapat memasang NodeJS versi 4.2.x ke atas. Jika pembaca ingin memasang NodeJS versi lama, pembaca dapat mencoba Node Version Manager.

Mari kita mulai memasang NodeJS dengan menambahkan repository NodeSource. Buka aplikasi Terminal, tempel dan jalankan perintah di bawah ini.

Masukkan password Administrator saat diminta. Setelah proses penambahan selesai, pasang paket NodeJS beserta paket-paket pendukung.

Untuk memastikan bahwa NodeJS telah terpasang dengan sempurna, jalankan tes berikut di aplikasi Terminal yang masih terbuka.

Jika sukses, maka hasil yang akan pembaca dapatkan terlihat seperti gambar berikut.

Screenshot from 2015-11-19 00-20-51

Author: Bagus Aji Santoso

Mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini aktif menulis di blog pribadi bagusaji.me, POSS UPI di poss.cs.upi.edu, dan di Codepolitan.