MEGA di Fedora!!! Simpan atau Stream???

Apakah ada layanan cloud storage gratisan, kuotanya gede bingits dan jalan di Fedora? Ada banget! Namanya MEGA!!! Sesuai dengan namanya, Mega kasih kita kuota free sebesar 50 GB. Paling besar dan paling generous seantero layanan cloud storage. Apa jalan dan mudah pasangnya di Fedora? Simak aja deh!!!

install mega dan stream lagu dan video di fedora linux

Instalasi MegaSync di Fedora Workstation

Langsung aja deh kita pasang MEGA di Fedora. Caranya, buka firefox dan pergi ke http://mega.nz. Pada pojok kanan atas tedapat icon hamburger menu, klik, cari apps dan pilih Sync Clients. Pilih Linux dan sesuaikan dengan distro favorit, dalam hal ini Fedora! Klik tombol merah Download, maka paket megasync-Fedora_26.x86_64.rpm secara otomatis akan terdownload.

download mega untuk Fedora x86_64

Setelah itu install dengan perintah dnf pada lokasi direktori tempat Mega Sync Client diunduh:

Setelah selesai instalasi, MegaSync dapat diakses pada Application >> Internet >> MegaSync. Setelah aktif MegaSync akan muncul pada system tray.

MegaSync pada Fedora Workstation 26 LXQT Desktop

Sebelum dapat mulai menggunakan MegaSync yang secara aktif akan melakukan sinkronisasi ke akun storage kita di server Mega, harus melakukan pengaturan konfigurasi sinkronisasi Folder Lokal dengan Folder Mega.

konfigurasi sinkronisasi folder lokal dengan folder mega di Fedora

Akses Mega dengan Browser Extension

Selain MegaSync, pengguna dapat mengakses Folder Mega dengan menggunakan Browser Extension. Sampai saat ini hanya Firefox dan Google Chrome saja yang didukung. Untungnya kedua browser tersebut bisa berjalan di Linux! Penggunaan Browser Extension ini adalah untuk menjaga keamanan data saat diakses atau diunggah ke akun Folder Mega. Pada Folder Mega isinya akan sama dengan Folder Lokal di Fedora Workstation 26 (LXQT Desktop – PCMan FM).

folder lokal dan folder mega, sinkron!

Kita lihat bahwa hanya Folder “Cemplungan” saja yang disinronisasi oleh MegaSync ke Fedora Workstation yang kita gunakan, folder lainnya tidak. Jika diperlukan folder mega lainya dapat disinkronkan melalui MegaSync dengan menambah Setting – MegaSync.

Fitur Asik Mega

Salah satu fitur yang asik di Mega adalah Stream from Mega yang mampu memutar file mp3 dan video yang disimpan di Folder Mega yang tidak disinkronisasikan(Cloud Drive) atau dari akun Mega lainnya (Link / Public Link). Lebih asiknya lagi Stream from Mega dapat dibawa ke Mobile Gadget (Android)  dan memutar file mp3 atau video tanpa mengunduh apapun ke SD Card gadget kita. Fitur ini pada Fedora Workstation dapat diakses pada aplikasi MegaSync, klik icon roda gigi (settings) dan pilih Stream from Mega.

stream file from mega

Untuk memutar video seperti contoh gambar di atas, klik Default Application atau Pilih Aplikasi favorit kita. Kualitas video serta lancar atau tidaknya progress streaming tergantung pada paket kuota internet kita.

stream from mega dengan SMPlayer di Fedora Workstation 26

SaveSave

Author: Bonny W. Nugraha