Install Ruby On Rails di Fedora 24

rails-logo-e1458073848826

Install Ruby on Rails Fedora 24. Kalau pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar cara meng-install django framework di Fedora 24, sekarang kita akan belajar cara meng-install web framework saingan teman nya django, yaitu Ruby on Rails, atau biasa di sebut Rails saja.

Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan Ruby 2.3.1 dan Rails 5.0.

 

Apa itu Ruby on Rails

Ruby on Rails (Rails) adalah full-stack web framework yang berbasis bahasa pemrograman Ruby. Ruby sendiri adalah bahasa pemrograman dinamis, mirip seperti Python dan PHP. Meskipun nama Rails masih relatif asing di kalangan per-IT’an Indonesia, tetapi Rails sendiri sebenarnya sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh startup-startup luar, contoh nya seperti Twitter, Hulu, AirBnB, dll. Startup lokal seperti Bukalapak sendiri menggunakan Rails sebagai engine nya.

 

Persiapan Environment

Kita akan menggunakan yang namanya RVM (Ruby Version Manager) untuk meng-install Ruby kita. Sebenarnya Fedora sudah membawa Ruby resmi, tetapi demi alasan flesibilitas, selalu di anjurkan menggunakan RVM sebagai version manager dari Ruby, agar kita bisa berganti-ganti versi Ruby sesuai kebutuhan kita.

Install RVM :

Ruby 2.3.1 adalah versi paling baru saat tulisan ini dibuat, jadi kita menggunakan versi baru saja.

 

Install NodeJS

Rails membutuhkan NodeJS agar bisa berjalan dengan baik, karena Rails menggunakan banyak front-end tool secara defaultnya. Sekarang kita akan install NodeJS terlebihdahulu :

 

Install Rails

Sekarang saatnya kita meng-install Rails. Jalankan perintah-perintah berikut ini :

Tunggu beberapa saat, karna proses ini biasanya agak lama.

 

Mencoba Rails

Setelah proses di atas semua beres, kita test drive Rails nya. Jalankan perintah berikut :

Misalkan kita mau membuat sebuah project baru dengan nama “Blog”,

Nanti Rails akan meng-install semua paket yang dibutuhkan. Setelah proses installasi seluruh paket selesai, masuk ke direktori “blog” yang baru saja kita buat menggunakan Rails tadi, dan jalankan perintah berikut ini untuk menyalakan server development nya Rails :

Screenshot from 2016-07-31 04-17-46

Browse ke http://localhost:3000, dan lihat hasilnya :

Screenshot from 2016-07-31 04-22-35

Author: Zea

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.