Install Heroku ToolBet di Fedora 24

Heroku Logo
Heroku Logo

Apa itu Heroku? Apa itu PaaS?

Heroku adalah Platform as a Service, atau biasa di singkat PaaS. PaaS sendiri adalah  layanan yang menyediakan platform komputasi berbasis awan (cloud computing).

Penyedia layanan PaaS biasanya sudah menyiapkan  database, sistem operasi, web server dan framework aplikasi sehingga kita sebagai developer hanya tinggal men-deploy aplikasi kita saja, tanpa perlu repot-repot untuk men-install dan men-setup semua nya dari awal (uhuk… VPS… uhukk…).

Perusahaan penyedia PaaS yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan server, sehingga kita tinggal fokus ke aplikasi kita saja tanpa perlu pusing-pusing dengan update, backup & security dari server. Bagi sebagian besar orang Indonesia, mungkin PaaS masih terdengar asing, karena sebagian besar masih “betah” dengan hosting konvensional (You know… cPanel, PHP, Apache, .htaccess, etc… etc…) yang menjamur di negara ini.

Haroku adalah salah satu pionir PaaS di dunia, dan mungkin satu-satu nya yang terbesar. Banyak developer dan startup kelas dunia yang menggunakan Heroku. Menariknya lagi, Heroku menyediakan jasa mereka secara gratis untuk project-project kecil dan untuk coba-coba produk mereka (tentunya dengan banyak kekurangan dibanding yang berbayar yaa…)

Pada tutorial singkat kali ini kita akan belajar bagaimana cara meng-install Heroku ToolBet di Fedora 24, karena pihak Heroku belum menyediakan installer versi resmi nya khusus utk Fedora :'(

 

Persiapan

Pertama, pastikan Ruby sudah terinstal di sistem, karena Heroku Toolbet dibuat menggunakan bahasa Ruby :

 

Installasi

Jika Ruby sudah di install, lanjut ke installasi Heroku ToolBet itu sendiri. Jalankan perintah-perintah berikut :

Sekarang harus nya Heroku ToolBet sudah berhasil di install. Untuk ngetest nya, coba perintah berikut :

Screenshot from 2016-08-02 11-23-17

Sekarang kamu sudah bisa login ke account Heroku kamu :

Selection_001

Sampai disini kamu sudah bisa menggunakan Heroku. Lebih detil tentang cara menggunakan Heroku, langsung aja ke website resmi mereka : https://www.heroku.com

Selamat mencoba 😀

Author: Zea

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.