Install Django Web Framework di Fedora 24

Python Django

Apa sih Django?

Django adalah full-stack MVC web framework berbasis bahasa Python. Kalau di PHP, kamu bisa membandingkan-nya dengan Laravel, cuma bedanya ini menggunakan bahasa Python. Django sendiri adalah framework favorit saya, dan saya selalu menggunakan nya untuk mengerjakan project-project skala medium-besar yang membutuhkan kostumisasi tinggi.

Django banyak digunakan website-website besar, beberapa diantaranya adalah Instagram, Disqus, Pinterest, Mozilla, Washington Post, NASA, BitBucket, Spotify, Eventbrite dan masih banyak lagi. Saya ga akan panjang lebar disini, detilnya kamu bisa langsung cek di web resmi mereka : http://djangoproject.com/

Install & setup Django Framework di Fedora 24 sebenarnya sangat mudah, bahkan dibanding dengan framework-framework mainstream lain-nya.

 

Persiapan Environment

1. Selalu pastikan semua repo ter-update, sebelum meng-install apapun

 

2. Install Python PIP, Virtualenv dan Python Setup Tools

Install Django Fedora 24
Install Django Fedora 24

 

Jika ingin menggunakaaan MySQL/MariaDB, maka install paket ini juga :

 

Menggunakan Virtualenv

Python mempunyai sebuah tool yang sangat keren menurut saya, yaitu virtualenv. Singkatnya, virtualenv adalah tool yang membantu kamu menciptakan lingkungan development python yang unik dan ter-isolasi untuk setiap project kamu.

Setiap virtualenv bisa memiliki versi python yang berbeda, modul-modul yang berbeda, versi django yang berbeda, dll.

Contoh, misalkan pada project A, kamu menggunakan django versi 1.7. Sedangkan di project B, kamu menggunakan django versi 1.9. Semua ter-isolasi dengan “universe“-nya sendiri, sehingga tidak mempengaruhi project lain atau sistem keseluruhan.

Supaya lebih mudah, langsung aja kita praktekan :

 

1. Buat virtualenv dengan nama project yang di inginkan (contoh kali ini misalkan, nama project nya adalah trivaku) :

prefix _env dibelakang nama project sebenarnya adalah optional. Ini hanya kebiasaan saya saja supaya lebih mudah dikenali sbg virtualenv.

Membuat Virtualenv Fedora 24
Membuat Virtualenv Fedora 24

 

2. Masuk ke dalam direktori trivaku_env yang sudah dibuat oleh virtualenv, dan aktifkan lingkungan virtualenv tsb :

Nanti kamu akan melihat ada tambahan “(trivaku_env)” di belakang shell kamu, itu tandanya kamu sudah memasuki lingkungan ter-isolasi khusus utk project tsb (trivaku) :

Aktifkan Virtualenv di Fedora 24
Aktifkan Virtualenv di Fedora 24

 

3. Install Django di dalam virtualenv, menggunakan Pip :

Setelah mengaktifkan virtualenv, saatnya meng-install django menggunakan Pip. Pip adalah semacam packet management nya Python. Kamu bisa membandingkan Pip dengan dnf di fedora, atau APT di Ubuntu.

Install Django Menggunakan Pip di Fedora 24
Install Django Menggunakan Pip di Fedora 24

Pip akan otomatis meng-install django versi terbaru. Kalau kamu mau meng-install django dengan versi tertentu, bisa tambahkan seperti ini :

Sampai tahap ini django sudah berhasil kita install. Gampang kan? 😀

 

Saatnya Membuat Project Django

Setelah semua step di atas berhasil tanpa masalah, sekarang kita menuju step terakhir dalam tutorial install & setup django framework di Fedora 24 ini, yaitu membuat project django kita.

 

1. Membuat project django dengan menggunakan django-admin CLI

Django memiliki CLI (Command Line Interface) yang sangat powerfull dan memudahkan developer dalam mengembangkan project mereka. Lalu jalankan perinta berikut. Perintah ini akan membuatkan direktori baru dengan nama trivaku :

Setelah menjalakan perintah di atas memang tidak muncul pesan apa-apa, tetapi kalau kamu cek, maka django secara otomatis akan membuatkan biolerplate dari project kamu :

6

Yang membuat saya jatuh cinta dengan django adalah, struktur project nya yang minimalis dan to-the-point. Tidak seperti framework lain yang struktur nya sangat banyak dan membingungkan. Kamu bisa membuat struktur project kamu sendiri sesuai keinginan kamu, tanpa paksaan harus mengikuti convention tertentu seperti framework lain (ehm… larav*l & r*ils).

 

2. Jalankan development server django untuk uji coba :

Django membawa local development server mereka sendiri, sehingga sangat mudah utk development, tanpa kita harus repot-repot setup server nya dulu. Jalankan perintah berikut ini :

Jalankan local development server Django
Jalankan local development server Django

Jika output nya seperti diatas, berarti django sudah bisa dicoba.

 

3. Buka web browser, dan cek localhost:8000, viola!

Django berhasil di install di Fedora 24
Django berhasil di install di Fedora 24

 

Sampai tahap ini, kamu sudah berhasil men-setup dan meng-install django framework di fedora kamu. Tentu masih banyak yang perlu dilakukan untuk development project nya, tetapi karena tutorial kali ini hanya men-setup dan meng-install saja, maka kamu sudah berhasil sejauh ini. Selamat mencoba! 😀

Author: Zea

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.