Install dan Menjalankan HTTPD Web Server di Fedora Server

Instalasi HTTPD Web Server, atau Apache Web Server pada Fedora Server cukup mudah. Cukup dilakukan dengan perintah dnf dan repository Fedora. HTTPD server sangat berguna untuk belajar pemrograman web atau mendesain tampilan web. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Update Fedora Server:

update fedora server

Install httpd server

ketik y untuk memulai instalasi dan tunggu sampai proses instalasi selesai sempurna. Langkah selanjutnya adalah menjadikan httpd berjalan sebagai service pada saat Fedora Server mulai berjalan atau dijalankan ulang (reboot).

Setelah itu, jalankan httpd server:

Buka Web Brovser kesayangan dan ketik alamat Fedora Server untuk melihat hasil instalasi. Jika terjadi error dan Welcome Page Fedora pada server tersebut, berarti harus dilakukan konfigurasi firewall agar httpd server yang dipasang tadi dapat diakses dari komputer berbeda melalui Local Area Network (LAN).

install httpd server di fedora server sukses

Konfigurasi umum httpd server (httpd.conf) pada Fedora Server tersimpan pada direktori /etc/httpd/conf, sedangkan untuk mengatur konfigurasi virtualhost (virtualhost.conf) terdapat pada direktori /ect/httpd/conf.d/. Setelah melakukan perubahan konfigurasi, seperti menghilangkan Welcome Page, security hardening, atau membuat virtualhost, lakukan restart pada httpd server:

Tahapan-tahapan instalasi di atas adalah tahapan instalasi sederhana, mungkin hanya cocok untuk belajar koding membuat aplikasi web. Jika akan digunakan untuk server beneran, perlu dilakukan hardening security pada httpd.conf ataupun pada virtualhost.conf.[bwn]

Author: Bonny W. Nugraha