GNOME Maps Tidak Lagi Berfungsi

Maps merupakan salah satu aplikasi yang belum lama ini tersedia ditiap distribusi GNOME. Kita dapat mengakses map digital yang tak kalah keren dari Google Maps langsung dari desktop kesayangan. Namun, beberapa hari yang lalu, konten GNOME maps sudah tidak dapat ditayangkan.

Gambar yang ditampilkan oleh GNOME Maps sebetulnya diambil dari MapQuest. Karena perubahan kebijakan, MapQuest sudah tidak melayani pengaksesan konten map secara langsung. Agar dapat menampilkan konten map seperti sediakala, developer GNOME harus membayar layanan ini atau menggunakan layanan yang baru.

Gnome Maps tidak berfungsi seperti biasanya
Gnome Maps tidak berfungsi seperti biasanya

Jonas Danielsson, seperti dilansir oleh OMG Ubuntu mengatakan bahwa Ia akan menghubungi OpenStreetMap untuk mencari solusi atas permasalahan ini.

OpenStreetMap sebetulnya memiliki layanan penyedia konten map, namun belum jelas apakah layanan ini dapat digunakan GNOME Maps dan sesuai dengan kebijakan yang mereka miliki. Alternatif lain yaitu menggunakan layanan dari perusahaan bernama Stamen yang juga digunakan oleh Ubuntu Phone untuk aplikasi uNav.

Author: Bagus Aji Santoso

Mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini aktif menulis di blog pribadi bagusaji.me, POSS UPI di poss.cs.upi.edu, dan di Codepolitan.