Enam Font Kece Untuk Terminal Fedora

Karena sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menatap emulator terminal atau text editor, system administrator dan developer sangat selektif dalam memilih font. Berikut ini enam font monospace yang dapat dengan mudah dipasang melalui repositori resmi Fedora agar text editor atau emulator terminal terlihat lebih “cerah”.

Inconsolata

Inconsolata memberikan font monospace yang jelas dan sangat mudah dibaca. Font ini didesain oleh Raph Levien. Untuk membedakan nol dengan O besar, Inconsolata memberikan garis miring ditengahnya. Selain itu angka 1 dengn l juga memiliki bentuk yang sangat mudah untuk digunakan.

Memasang font Inconsolata dapat dilakukan lewat aplikasi Software atau dengan memasang paket levien-inconsolata-fonts lewat DNF.

Soure Code Pro

Source Code Pro merupakan font monospace yang dirilis di bawah lisensi SIL Open Font License oleh Adobe. Font ini memiliki nol dengan titip di tengahnya untuk membedakan dengan O besar. Huruf l dengan angka 1 juga cukup mudah untuk dibedakan.

Source Code Pro dapat dipasang lewat aplikasi Software atau dengan memasang paket adobe-source-code-pro-fonts lewat DNF.

Fira Mono

Fira Mono menrupakan variasi dari font Fira Sans milik Firefox. Seperti Source Code Pro, Fira Mono juga memberikan titik ditengah nol untuk membedakannya dengan O besar.

Fira Mono dapat dipasang lewat aplikasi Software atau dengan memasang paket mozilla-fira-mono-fonts lewat DNF.

Droid Sans Mono

Droid Sans Mono merupakan bagian dari keluar font Droid besutan Google untuk generasi awal Android. Satu kekurangan font ini adalah tidak adanya tanda titik atau garis miring diangka 0 sehingga sedikit sulit untuk membedakannya dengan huruf O.

Droid Sans Mono dapat dipasang lewat aplikasi Software atau dengan memasang paket google-droid-sans-mono-fonts lewat DNF. Jika ingin menggunakan Droid Sans Mono yang memiliki titik atau garis miring untuk angka 0, terdapat situs pihak ketiga yang menyediakannya, namun harus dipasang secara manual.

DejaVu Sans Mono

Droid Sans Mono dapat dipasang lewat aplikasi Software atau dengan memasang paket  dejavu-sans-mono-fonts lewat DNF.

Hack

Hack dibangun dari keluarga Bitstream Vera dan DejaVu font dengan melakukan modifikasi dari berbagai lini. Hack dapat berjalan antara 8px – 12px di monitor dengan DPI reguler, dan terendah 6px di monitor dengan DPI yang lebih tinggi.

Hack belum ada di repositori resmi Fedora, namun sedang dalam proses penambahan. Untungnya ada repositori copr yang membantu untuk memasang Hack. Atau kita juga dapat memasangnya secara manual lewat Github.

 

 

Diterjemahkan dari artikel asli berjudul 6 great monospaced fonts for code and terminal in Fedora dari [Fehttps://fedoramagazine.org) yang ditulis oleh Ryan Lerch.

Author: Bagus Aji Santoso

Mahasiswa Departemen Pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini aktif menulis di blog pribadi bagusaji.me, POSS UPI di poss.cs.upi.edu, dan di Codepolitan.