Atur Gnome Shell dengan Gnome Tweak Tool

Gnome sudah menjadi Desktop tetap Fedora semenjak rilis pertama. Saat ini Fedora dengan Desktop Gnome 3 disebut dengan Fedora Workstation. Gnome 3 atau disebut juga dengan Gnome Shell cukup membingungkan untuk digunakan. Bagi pemula mungkin berkesan ribet dan tidak mudah digunakan. Jendela aplikasi hanya memiliki tombol close saja, tidak ada minimize dan maximize. Untuk beralih ke aplikasi yang terbuka, harus memakai tombol alt + TAB karena tidak ada panel bawah. Pada panel atas, hanya tersedia menu Activities, bukan Application Menu. Bingung! Tidak perlu bingung! Kelola dan atur Desktop Gnome Shell dengan Gnome Tweak Tool.

Gnome Tweak Tool

Pada Activities atau Application Menu, Gnome Tweak Tool dapat dengan mudah ditemukan dengan nama Tweak Tool pada Folder atau Sub Menu Utilities.

Gnome Tweak Tool pada Fedora 12 Workstation

Bosan dengan tampilan putih? Set ON untuk Global Dark Theme, agar tampilan jendela menjadi hitam dan bernuansa gelap.

Shell Extensions & Theme

Pada saat instalasi Gnome Tweak Tool, sudah terpasang pula beberapa Shell Extensions yang penting seperti pada gambar di bawah ini.

Shell Extension pada Gnome Tweak Tool Fedora Workstation

Sebelum mengklik semua tombol pada Tab Extensions pada jendela Gnome Tweak Tool, pasang terlebih dahulu gnome-shell-theme semuanya agar dapat dipergunakan untuk mengganti theme Adwaita.

Setelah selesai, klik semua  tombol OFF menjadi ON untuk mengaktifkan semua Shell Extension, dan lihat perubahan yang ada. Pada panel atas, Activities berganti dengan Applications Menu, dan muncul menu Places unutk mengakses link ke berbagai tempat di Fedora Workstation ataupun LAN. Pada bagian bawah terlohat Panel Bawah yang menampilkan Window List dari setiap aplikasi yang terbuka dan Workspace Indikator sekaligus Workspace Switcher pada pojok kanan bawah.

Hasil tweaking Gnome Shell dengan Gnome Tweak Tool pada Fedora Workstation rilis 22

Pada tab Appearance, pilih Theme Zukitwo dan lihat perbedaannya! Jika terlihat tidak ada perubahan, tekan kombinasi tombol Alt + F2, lalu tekan r. Gnome Shell akan melakukan restart untuk menerapkan perubahan!

Untuk perbaikan penampilan total yang terdiri dari jendela dan icon pasang Theme Numix dengan bantuan Fedy. Setelah terpasang, Ganti Theme GTK+ dengan Numix  dan Icon dengan Numix Circle.

Theme Numix menggantikan Adwaita di Fedora Workstation

 

Menampilkan Tombol Maximize dan Minimize

Satu yang masih kurang yaitu tombol Maximize dan Minimize dari setiap jendela aplikasi. Klik tab Windows, pada bagian Tittle Buttons set tombol Maximize dan Minimize dari OFF menjadi ON. Perubahan akan terjadi separa spontan dan terlihat pada pojok kanan atas Jendela Aplikasi sekarang sudah menjadi 3 tombol.

Menambahkan tombol maximize dan minimize dengan Gnome Tweak Tool di Fedora Workstation

Nah! Tanpa memasang Desktop MATE, Gnome Shell sudah terlihat seperti Gnome Classic atau MATE!

Author: Bonny W. Nugraha